oleh

7 makanan merusak ginjal Ini Dapat Memicu Penyakit Batu Ginjal

Di Setiap harinya kita tentunya memerlukan makan dan minum agar punya cukup energi sehingga bisa beraktivitas. Sebaiknya, kita harus menghindari makanan merusak ginjal dan kita harus memakan makanan  sehat yang bisa mencukupi nutrisi ditubuh. Namun, terkadang kita harus memilih-milih makanan karena ada banyak alasannya.

Sebaiknya, kita mulai memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Karena ternyata, beberapa makanan merusak ginjal kita. yuk Kita cari tahu  jenis makanan yang dapat merusak ginjal kita.

1. Teh

TEH

makanan merusak ginjal ~ Rasanya kita semua tidak bisa lepas dari namanya teh. Seringnya, kita meminum teh di pagi hari, sore hari, dan malam hari bahkan di setiap ada kesempatan. Namun, rupanya kita nggak boleh banyak-banyak minum teh. Pernah ada sebuah kasus, seorang pria mengalami kerusakan ginjal karena terlalu banyak meminum teh yaitu 8 cangkir teh dalam sehari. Hal itu bisa terjadi karena suatu kandungan oksalat yang terdapat dalam teh.

2. Belimbing

belimbing

makanan merusak ginjal ~Buah memang sehat untuk tubuh kita. Tapi, kita juga tak boleh memakannya secara berlebih. Hal itu juga berlaku pada buah belimbing. Belimbing tidak boleh dikonsumsi dengan berlebihan oleh orang yang memiliki riwayat gangguan ginjal atau lebih baik dihindari sama sekali. Sementara untuk orang yang dalam kondisi sehat, sebaiknya jangan dikonsumsi dalam kondisi belum makan/perut kosong . Belimbing memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi. Asam oksalat tidak akan terbuang bersama air kencing pada orang yang menderita penyakit ginjal, sehingga Dapat memicu keracunan.

3. Tuna

ikan tuna

makanan merusak ginjal ~Ikan Tuna adalah salah satu makanan yang mengandung kaya akan asam lemak omega 3. Sayangnya, ikan jenis yang satu ini tidak baik jika dikonsumsi secara terus-menerus apalagi dalam jumlah banyak dan dalam jangka lama. Alasannya, berbagai jenis fish sudah tercemari dengan merkuri.

Baca juga artikel lainnya : Waspada! Ini Sederet Ponsel yang Memiliki Radiasi Ponsel Tertinggi Di Tahun 2018

4. Daging

Daging

makanan merusak ginjal ~ Bagi pecinta daging, kalian harus mulai waspada. Terlalu banyak mengonsumsi daging bisa mengancam metabolisme ginjal. Protein dalam sebuah daging dapat meningkatan beban ginjal sehingga residu di dalam tubuh akan sulit dikeluarkan. Selain itu, protein tersebut juga dapat memicu terbentuknya menjadi batu ginjal.

5. Garam

Garam

Makanan yang terlelu asik tidak terlalu baik untuk kesehatan ginjal. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin akan menjadikan ginjal menahan untuk mencairkan elektrolit dalam darah. Akibatnya, ginjal bisa mengalami kerusakan. Tak hanya ginjal, tekanan darah play on words bisa meningkat bila kita terlalu banyak makan makanan asin.

6. Pemanis Buatan

Pemanis Buatan

tentu kita tahu jika pemanis itu buatan tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu efek buruknya bisa menurunkan fungsi ginjal. Maka dari itu, kita harus mengurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

7. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Minuman bersoda tentunya mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal kita. Meskipun tidak mengandung pemanis buatan sama sekali, minuman bersoda nyatanya masih bisa mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. Bahkan, dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Sekarang kalian sudah tahu kan makanan yang dapat merusak ginjal? Kita harus mulai mengurangi mengonsumsi makanan tersebut agar ginjal kita tetap sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *