oleh

Oleh-oleh khas jogja yang wajib kamu beli jika berkunjung ke kota gudeg

Yogyakarta menjadi destinasi kota wisata yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya wisatawan lokal yang berbondong-bondong ke mari, turis luar negeri juga betah berlama-lama di sini. Dengan segala keindahannya, kota ini selalu menorehkan kenangan yang membuat kita selalu ingin datang kembali.

Tak hanya mengunjungi tempat wisatanya, kamu juga harus menyempatkan mampir untuk membeli oleh-oleh khas Jogja. Makanan ini bisa untuk mengobati rasa rindu saat kamu sudah nggak menginjakkan kaki di kota ini.

Daftar oleh-oleh khas Jogja yang rasanya menggoyang lidah

Liburan ke Kota Pelajar ini rasanya kurang lengkap kalau belum beli oleh-oleh khas Jogja. Biar nggak kebingungan, berikut adalah rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu jadikan buah tangan ke teman dan keluarga.

1. Ke Jogja tentu saja harus membawa pulang Gudeg Yu Djum yang manis dan lezat
Gudeg Yu Djum

Tidak ada yang bisa menolak nikmatnya Gudeg Yu Djum dan krecek pedasnya. Makanan yang terbuat dari buah nangka muda, bumbu tradisional, dan gula merah ini memiliki citarasa manis dan lezat yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

Ditambah dengan lauk tahu, telur, dan ayam, makanan ini semakin nikmat. Ditambah kerupuk bundar bakal makin istimewa. Meski termasuk makanan basah, kamu tetap bisa membawa pulang Gudeg Yu Djum kering yang disimpan di besek bambu.

2. Mamahke Jogja, salah satu roti kekinian milik keluarga Bramantyo
Mamahke Jogja

Nggak mau ketinggalan, di Jogja juga ada kue kekinian artis. Mamahke Jogja milik keluarga Bramantyo. Pasangan sutradara Hanung Bramantyo dan artis Zaskia Adya Mecca punya bisnis oleh-oleh khas Jogja kekinian yang toko utamanya bertempat daerah Taman Sari.

Mirip dengan kue artis pada umumnya, Mamahke juga menyediakan kue dengan perpaduan cake dan baked good di bagian tengah. Variannya beragam, kamu bisa membawa pulang per box-nya mulai dari harga Rp20 ribuan.

3. Bisa dibagi ke banyak orang, kamu harus membawa pulang Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25

Apa yang terlintas di kepalamu saat mendengar oleh-oleh khas Jogja? Tentu saja bakpia. Awet dan tidak mudah basi, jumlah yang ada di box-nya juga banyak.

Bakpia dengan rasa kekinian sudah semakin menjamur. Tetap Bakpia Pathok 25 berisi kacang hijau lah yang rasanya withering nikmat di lidah. Kamu bisa membelinya langsung di daerah Pathok untuk mendapatkan satu kardus bakpia basah dengan rasa kacang hijau dan varian rasa lainnya.

 4. Nikmati Cokelat Monggo khas Jogja dengan citarasa internasional

Cokelat Monggo khas Jogja

Kamu bisa nikmati oleh-oleh khas Jogja 2019 dengan cita rasa internasional dalam sebungkus Coklat Monggo yang lezat. Cokelat khas Jogja ini menawarkan rasa dengan berbagai varian rasa. Isian mulai dari yang manis hingga pedas, semuanya ada.

Tak hanya itu, Cokelat Monggo kini membuat inovasi dengan varian coklat dengan berbagai bentuk yang unik. Kamu bisa dapatkan cokelat ini di tokonya yang bertempat di daerah Kotagede. Kamu juga bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 17 ribuan saja per pcs-nya.

Baca juga artikel lainnya : Film Horor Terbaik 2019 Yang Paling Di Nantikan Sejak Awal Tahun

5. Manis dan warna-warni, jangan lupa untuk membeli geplak

geplak

Kamu yang suka citarasa manis, harus banget mencoba makanan khas Jogja yang bernama Geplak. Bentuknya bulat yang berwarna-warni, membuat makanan ini jadi favorit orang dari segala usia.

Geplak dibuat dari irisan kelapa yang dimasak dengan gula hingga mengental, lalu diberi pewarna makanan agar lebih menarik mata. Kamu bisa mendapatkan camilan ini di toko oleh-oleh atau langsung ke daerah Bantul yang terkenal dengan Geplak aslinya yang enak dan sangat legit.

6. Yangko, kue mochinya Jogja yang nikmat tiada dua

Yangko

Nikmati cita rasa ala Jepang di Jogja dengan Yangkonya yang kenyal. Oleh-oleh khas Jogja yang berpusat di daerah Kotagede ini bahkan disebut mochinya Jogja karena dari tekstur dan rasa yang mirip.

Tekstur kenyal didapat dari tepung beras dengan isian kacang tumbuk yang manis dan gurih. Dulu, makanan ini hanya disajikan untuk keluarga raja dan bangsawan. Tidak semua bisa mencicipi camilan ini karena proses dan bahan pembuatnya yang mahal dan menyita waktu.

7. Suka kuliner ekstrem? Berarti harus bawa pulang Walang Goreng

Walang Goreng

Nggak cuma makanan manis, Jogja juga punya makanan yang beda dari yang lain dan bisa dibilang ekstrem. Walang atau belalang goreng adalah kuliner sangat terkenal di daerah Gunungkidul, Yogyakarta.

Belalang yang sudah dibumbui ini digoreng hingga kecoklatan. Rasanya sangat gurih yang dipadu dengan bumbu pedas atau asin memang bikin nagih. Meski enak, jangan mengonsusi terlalu banyak ya. Bisa-bisa badanmu jadi gatal.

Nggak cuma kenangannya yang bikin kangen Jogja, kulinernya juga membuat kita menelan air liur saat sensasinya saat dikunyah. Biar di kota asal tidak ngiler, jangan lupa bawa berbagai oleh-oleh khas Jogja yang autentik dan lezat ini ya, teman!

Nah,untuk kalian yang menyukai berita-berita terbaru dari dalam maupun luar negeri, lansung saja di kunjungi salah satu blog keren ini yang menyediakan banyak sekali artikel-artikel berita keren dan juga menarik. cekidot tunggu apa lagi langsung saja kunjungi, ini linknya ya guys. www.lengkapsih.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *